1
1

Sah! Allianz Life Indonesia dan Allianz Utama Indonesia Raih Sertifikasi ISO 27701

Logo Allianz. | Foto: Allianz

Media Asuransi, JAKARTA – Allianz Life Indonesia dan Allianz Utama Indonesia kini meraih sertifikasi yang lebih spesifik terkait keamanan data pribadi yaitu ISO 27701. Sedangkan sebelumnya resmi tersertifikasi sebagai sistem manajemen keamanan informasi terbaru ISO 27001.

Salah satu persyaratan untuk perolehan sertifikasi ini adalah apabila perusahaan telah terbukti dan tersertifikasi atas implementasi ISO 27001 yang merupakan standar internasional terbaru. Adapun Allianz Indonesia kembali membuktikan tata kelola manajemen data yang aman lewat sistem manajemen keamanan informasi terbaru.

|Baca juga: Suami Puan Maharani, Hapsoro, Jadi Pengendali Sanurhasta Mitra (MINA)

|Baca juga: PKPU Tetap Pan Brothers (PBRX) Diperpanjang 14 Hari

“Pembaruan ini selalu kami terapkan sebagai upaya menekankan praktik perlindungan data yang kuat dengan menjamin perlindungan informasi penting serta menjaga kepercayaan pihak yang berkolerasi dengan perusahaan kami,” jelas Head of Compliance & Data Protection Officer Allianz Indonesia Januar Jahja, dikutip dari keterangannya, Selasa, 26 November 2024.

Sebagai perusahaan yang berkaitan dengan berbagai pihak, Allianz Indonesia berkewajiban memastikan keamanan data. Penguatan sistem keamanan ini juga merupakan bukti komitmen perusahaan dalam mendukung Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 yang mengatur tentang Perlindungan Data Pribadi (PDP) dan telah resmi berlaku penuh mulai 17 Oktober 2024.

Dasar aturan tersebut merupakan payung hukum yang kuat dalam mengimplementasikan aturan yang mewajibkan perusahaan dan platform digital untuk menjaga data pengguna mereka dan berhak untuk menerapkan sanski atas pelanggaran privasi dan pengelolaan data.

|Baca juga: Emil Hakim Diangkat Jadi Presiden Komisaris Tugure

|Baca juga: Eastspring Indonesia dan Bank DBS Indonesia Luncurkan Reksa Dana Berbasis ESG

Berbeda dengan ISO 27001, sistem ISO 27701 ini membantu perusahaan untuk mengelola informasi identitas yang sifatnya privasi secara lebih terperinci. Dengan menerapkan standar ini, Allianz Indonesia menjaga keseluruhan data-data pribadi, termasuk data sensitif nasabah, agen, dan karyawan mulai dari proses pengumpulan, penyimpanan, dan pemrosesannya.

Meski keduanya sedikit berbeda, namun masih saling berkaitan. Dalam memastikan keamanan data pribadi yang maksimal, tambahnya, dibutuhkan juga dukungan dari berbagai pihak yang semakin sadar akan pentingnya menjaga keamanan data pribadi.

|Baca juga: Tempo Scan Pacific (TSPC) Akan Bagi Dividen Interim Rp112,75 Miliar

|Baca juga: Obligasi Rp476,3 Miliar Medco Energi (MEDC) Akan Jatuh Tempo Februari 2025

“Kami meyakini tata kelola yang baik dan standar privasi yang tinggi dapat berbanding lurus dengan kualitas kerja perusahaan yang terpercaya. Salah satu upaya kami untuk menjadi perusahaan terpercaya adalah dengan membuktikan kualitas dan keamanan layanan kami secara menyeluruh,” tutup Januar Jahja.

Editor: Angga Bratadharma

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Ini Dia Top 5 Reksa Dana Return Tertinggi YoY per 22 November 2024
Next Post Fitch Afirmasi Peringkat Maybank Indonesia AAA dengan Outlook Stabil

Member Login

or