Media Asuransi, JAKARTA – Asuransi kesehatan menjadi salah satu benefit yang ditawarkan oleh perusahaan dalam merekrut tenaga kerja baru. Manfaat lain yang ditawarkan adalah dukungan kesehatan mental dan pemeriksaan kesehatan tetap.
Hal tersebut terungkap dalam laporan eksklusif terbaru bertajuk “Rekrutmen, Kompensasi, dan Manfaat 2024” yang dirilis oleh Jobstreet by SEEK.
Wisnu Dharmawan, Sales Director – Indonesia, Jobstreet by SEEK, mengatakan, banyak perusahaan melihat tahun 2024 sebagai periode yang tepat untuk merekrut, memberikan peluang baik bagi mereka yang sedang mencari tenaga profesional yang ahli. Permintaan untuk pegawai tetap dan pegawai kontrak beragam berdasarkan fungsi bisnis, baik untuk purnawaktu maupun paruh waktu, sesuai dengan kebutuhan dan strategi bisnis masing-masing perusahaan. “Sehingga, perusahaan harus memberikan kompensasi dan manfaat yang tepat untuk menarik kandidat baru dan mempertahankan pegawai terbaiknya,” katanya dalam keterangan resmi yang dikutip, Minggu, 25 Januari 2024.
|Baca juga: Waspada! Ini 10 Ciri-Ciri Lowongan Kerja Bodong
Wisnu melanjutkan, kompensasi pegawai tetap menjadi faktor penting dalam keputusan perekrutan. Kenaikan gaji rata-rata pegawai naik menjadi 7,57% pada tahun 2023, melampaui angka tahun 2022 sebesar 7% dan melebihi inflasi nasional sebesar 5,51%. Selain itu, 67% perusahaan memberikan promosi jabatan pada tahun 2023, angka ini mengalami peningkatan signifikan dibandingkan tahun 2022 dengan angka 52%.
Sementara itu, asuransi kesehatan, dukungan kesehatan mental, dan pemeriksaan kesehatan tetap menjadi landasan manfaat pegawai, baik yang saat ini ditawarkan maupun yang direncanakan ke depan oleh para perusahaan.
Cuti dan tunjangan juga menjadi faktor pertimbangan saat perekrutan. Opsi cuti khusus seperti cuti menikah dan cuti berduka mengalami peningkatan sebesar 5% pada tahun 2023. Perusahaan secara aktif mempertimbangkan untuk memperkenalkan opsi cuti baru seperti cuti merawat keluarga dan cuti studi/ujian. Dengan adanya cuti lebih awal pada Hari Raya, makanan ringan/minuman di kantor, dan lokasi kerja yang fleksibel, maka manfaat work-life balance pun akan menjadi pertimbangan penting.
Perusahaan juga diharapkan untuk dapat lebih fleksibel guna mengikuti tren manfaat work-life balance. Meskipun 61% perusahaan pada tahun 2023 mewajibkan kerja di kantor setiap hari, perusahaan diharapkan dapat lebih fleksibel di kemudian hari. Hal ini diperkuat dengan semakin banyak perusahaan yang menerapkan pola kerja hybrid. Kerja jarak jauh akan menjadi bagian penting budaya perusahaan. Penyediaan laptop dan fasilitas rapat virtual menjadi bentuk dukungan perusahaan untuk kerja jarak jauh yang populer.
|Baca juga: Tips Jaga Score Kredit Agar Mudah Ajukan Pinjaman dan Daftar Kerja
Sementara itu, dukungan lain seperti tunjangan internet dan adanya staf SDM khusus untuk menangani pegawai jarak jauh akan menjadi tren di masa mendatang.
Posisi Admin dan HR
Pada tahun 2023, Admin dan HR merupakan fungsi pekerjaan yang terpopuler yang direkrut oleh 40% perusahaan, disusul oleh Akunting oleh 34% perusahaan; sedangkan Teknik naik ke posisi kelima dengan 20% perusahaan yang merekrut, melampaui Teknologi Informasi (15%) dibandingkan dengan tahun 2022.
Pergeseran ini menggarisbawahi adanya perubahan prioritas dalam rekrutmen, menyoroti pentingnya berbagai keahlian dalam lanskap bisnis saat ini. “Peningkatan keterampilan (upskilling) kini menjadi lebih penting. Semakin banyak perusahaan yang memprioritaskan pengembangan pegawainya melalui program apprenticeship / mentoring serta pelatihan / pembelajaran mandiri; keduanya meningkat +7% pada tahun 2023. Pengembangan karir tetap menjadi prioritas utama untuk membantu pegawai mengimbangi tuntutan industri yang terus berkembang. Pengembangan SDM akan menjadi krusial bagi perusahaan untuk menjaga daya saingnya,” tutup Wisnu.
Editor: Achmad Aris
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News