1
1

Komisi II Temukan 16 Ribu Surat Suara Rusak di Tangsel

Kegiatan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024. | Foto: pekalongankota.go.id

Media Asuransi, JAKARTA – Tim Kunjungan Kerja Spesifik (Kunsfik) Komisi II DPR RI mendapatkan informasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan bahwa sebanyak 16 ribu lembar kertas surat suara untuk kebutuhan Pemilu serentak 2024 di daerah itu rusak saat dilakukan penyortiran.

Hal itu terungkap saat melakukan peninjauan langsung ke Gudang Logistik KPU Kota Tangerang Selatan. “Tadi kita (Komisi II) tanya dari 1,040 juta (surat suara). Ada 16 ribu kertas (surat) suara yang rusak,” ujar Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera, dikutip dari laman resmi DPR, Kamis, 25 Januari 2024.

“Tadi kita lihat ada catatannya, tertulis ada yang robek ataupun beda warna itu dikembalikan dan diganti oleh percetakan. Tapi kita melihatnya itu memang wajib untuk disortir dengan seksama kalo tidak nanti repot,” tambahnya.

|Baca juga: KPU dan Bawaslu Perlu Waspadai Ancaman Sistem Kerja Algoritma Digital

Lebih Lanjut, Mardani menjelaskan, Bawaslu Kota Tangerang cukup detail dalam melakukan pengecekan, khususnya terkait warna surat suara. Salah satunya ditemukan surat suara berwarna ungu yang seharusnya biru (surat suara Pemilu anggota DPRD provinsi).

“Kami menilai itu satu sikap yang hati-hati yang baik, tapi KPU juga mengatakan (persoalan warna) ini sudah disupervisi, (surat suara yang salah warna) itu dikembalikan dan diganti oleh percetakan. Tapi kami menilai selama ada penjelasan dari KPU untuk yang senada diperbolehkan buat kami tidak masalah,” jelasnya.

Dirinya mengatakan sejauh ini tahapan distribusi logistik pemilu di Tangsel masih on schedule. Termasuk, pihaknya pun sempat menguji kekuatan kotak suara dengan duduk di atas kardusnya.

“Secara umum persiapannya sudah selesai. Tinggal yang kami khawatir (dan) hati-hati dengan musim hujan apalagi kalau banjir berbahaya,” tuturnya.

Ketua KPU Kota Tangerang Selatan, M Taufik Mizan, menyebutkan dari belasan ribu kertas surat suara yang mengalami kerusakan atau tidak layak tersebut, paling banyak ditemukan yaitu pada surat suara pemilihan DPRD provinsi. “Tercatat jumlahnya mencapai 16.170 lembar yang rusak,” pungkasnya.

Editor: Angga Bratadharma

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Eastpring Indonesia Kerja Sama dengan Cermati Invest untuk Pasarkan Reksa Dana
Next Post Novidea: 75% Organisasi Asuransi Siap Terapkan Platform Manajemen Inti Baru

Member Login

or