Kembangkan UMKM, Bahana Artha Ventura Perkuat Sinergi dengan BUMN

Media Asuransi – PT Bahana Artha Ventura (BAV) memperkuat sinergi dengan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam rangka semakin mengembangkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menghadapi situasi pandemi Covid-19.

Sinergi dilakukan terutama melalui optimalisasi penyaluran kredit Program Kemitraan (PK). PK yang merupakan program dari BUMN untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri tersebut memang merupakan salah satu fokus yang dijalankan oleh BAV.

Saat ini, BAV yang merupakan anak perusahaan Indonesia Financial Group (IFG) sebagai Holding Perasuransian dan Penjaminan telah dipercaya oleh sedikitnya 19 perusahaan BUMN untuk mengelola dana PK sehingga bisa menyediakan akses permodalan UMKM bagi mitra binaannya.

Baca juga: BNI Bagi Dividen 25 persen Laba Bersih 2020

Direktur Utama BAV, Agus Wicaksono, mengatakan upaya untuk terus menumbuhkembangkan UMKM Indonesia harus terus dilakukan karena UMKM merupakan salah satu tulang punggung perekonomian sehingga memiliki peran sangat strategis bagi Indonesia.

”UMKM selalu didorong untuk dapat berkontribusi terhadap perekonomian nasional,” ucapnya saat menyampaikan sambutan webinar nasional “UMKM Hebat, Indonesia Kuat” dalam rangka 30 tahun BAV, Bersama Mengembangkan UMKM, hari ini, Selasa, 30 Maret 2021.

Sejalan dengan itu, BAV terus berupaya menyalurkan permodalan sekaligus pembinaan kepada para UMKM yang salah satunya berupa penyaluran kredit PK bekerjasama dengan perusahaan BUMN. ”Program Kemitraan BUMN bukan hal baru bagi BAV dan jaringan PMVD (Perusahaan Modal Ventura Daerah) karena sudah dijalankan sejak 2008 dan terus  berkembang sampai saat ini,” ungkap Agus.

Baca juga: Siap Lunasi Obligasi Jatuh Tempo, Peringkat Bank Maybank Ditegaskan idAA

Penyaluran kredit PK tersebut dilakukan ke berbagai sektor mulai dari pertanian, peternakan, perdagangan, perkebunan, hingga sektor jasa. BAV telah melakukan investasi dengan total nilai sebesar Rp13,2 triliun secara akumulasi, kepada 67.675 pelaku usaha dan telah menyerap sebanyak 2,1 juta tenaga kerja.

Selain itu BAV juga dipercaya untuk menyalurkan dana Program Kemitraan (PK) yang bersinergi dengan BUMN. Sampai dengan Periode 2020, penyaluran PK BAV mencapai Rp 760 miliar dan mitra binaan yang menerima Program Kemitraan mencapai 4.948 mitra binaan, dengan tingkat pengembalian lancar atau rasio NPL 0%.

Pada tahun 2021 ini, penyaluran PK BAV diproyeksikan bertambah sebesar Rp 200 miliar, sehingga diharapkan total penyaluran PK BUMN akan menjadi Rp1 triliun.

Ke depan, melalui peningkatan sinergi dengan BUMN tersebut diharapkan dapat lebih banyak lagi para pelaku UMKM yang terlayani PK sehingga bisa berkontribusi terhadap pemulihan dan pertumbuhan perekonomian negara.

Baca juga: Infovesta: Masih Ada Potensi Koreksi untuk IHSG

”Program Kemitraan ini merupakan sesuatu yang sangat positif dan harus terus dijaga mengingat dampaknya yang begitu besar kepada para pelaku UMKM sehingga akan berdampak positif juga kepada ekonomi negara,” Agus menambahkan.

Teddy purnama selaku Koordinator TJSL BUMN Madya Kementerian BUMN, menyatakan bahwa PT BAV memiliki kapasitas dan pengalaman untuk menyalurkan dana program kemitraan ini, maka Teddy mengapresiasi inisiatif BAV yang menggelar webinar nasional “UMKM Hebat, Indonesia Kuat” sebagai bentuk pembekalan bagi para UMKM mitra binaan supaya selain semakin termotivasi juga mendapatkan tambahan wawasan serta ilmu untuk menghadapi tantangan yang semakin kuat saat ini.

Webinar yang digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 30 BAV ini dihadiri para pelaku UMKM mitra binaan dan menghadirkan sejumlah pembicara mulai dari praktisi brand sampai para pelaku UMKM yang sukses melewati masa pandemi untuk menceritakan kisah suksesnya (success story). Aca