1
1

Asuransi Astra Berikan Literasi dan Inklusi Keuangan Bagi Nelayan di Tangerang

Asuransi Astra menyelenggarakan literasi dan inklusi keuangan bagi para nelayan di Desa Tanjung Pasir, Tangerang. | doc

Media Asuransi, JAKARTA – Asuransi Astra menyelenggarakan literasi dan inklusi keuangan bagi para nelayan di Desa Tanjung Pasir, Tangerang, bertepatan dengan Hari Nelayan Nasional pada bulan April.

Asuransi Astra memberikan literasi keuangan kepada nelayan yang bertujuan meningkatkan pemahaman mengenai manajemen keuangan yang baik sehingga mampu bertahan dalam jangka panjang dan menghadapi risiko yang mungkin terjadi di masa depan,

Unit Manager Environment and Social Responsibility Asuransi Astra, Abdullah Kholifah, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diadakan guna mendongkrak percepatan pencapaian pada target inklusi keuangan Indonesia yang harus mencapai 90 persen pada 2024. Pada tahun 2022 Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68 persen,

|Baca juga: Garda Oto Asuransi Astra Menemani Mudik Lebaran

Dia mengingatkan pentingnya pengendalian risiko terhadap kejadian tak terduga seperti mengasuransikan aset hingga diri sendiri dan keluarga, mengingat profesi nelayan memiliki risiko tinggi seperti bencana alam, kecelakaan di laut hingga tangkapan ikan yang cenderung musiman.

“Manajemen keuangan ini juga bukan hanya fokus pada biaya operasional melaut namun juga pada pengelolaan keuangan personal masing-masing nelayan agar mencapai kesejahteraan yang merata,” ujar Abdullah dalam keterangan resmi, Kamis, 25 April 2024.

Pada kesempatan itu, Asuransi Astra juga memberikan asuransi kecelakaan diri Garda Me Micro kepada seluruh peserta yaitu para nelayan. Pemberian ini selain meningkatkan inklusi masyarakat dalam mendapatkan akses terhadap produk keuangan, juga bertujuan memberikan pengalaman berasuransi kepada nelayan sehingga pada akhirnya mereka secara nyata memahami manfaat positif yang diberikan dalam meminimalkan dampak risiko yang merugikan khususnya ketika sedang bekerja.

VP Governance, Risk Management, Compliance and Corporate Secretary Asuransi Astra, Djoko Nugroho Anindito, menambahkan manajemen keuangan ini bukan hanya penting dari sudut pandang profesi saja tetapi juga penting dalam pengambilan keputusan para nelayan dalam menjalani keseharian.

“Kami harap melalui perolehan literasi dan inklusi keuangan yang Asuransi Astra berikan ini, para nelayan dapat mengembangkan kebiasaan baru dalam mengelola keuangan jangka panjang sehingga dapat mencapai kesejahteraan bagi dirinya dan keluarga. Semoga Garda Me Micro yang kami berikan dapat bermanfaat dan memberikan pengalaman baik yang akhirnya dapat meningkatkan kesadaran para nelayan untuk menggunakan produk asuransi hingga produk keuangan lainnya sesuai dengan kebutuhan agar dapat merasakan peace of mind di setiap waktu,” kata Anindito.

Editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Autopedia Sukses Lestari Akan Masuk Bisnis Motor Bekas
Next Post Penutupan Perdagangan: IHSG Kebakaran, Kurs Rupiah Merekah!

Member Login

or