1
1

Selama 2021, Klaim Covid-19 Mendominasi di Indonesia Re

Media Asuransi, Jakarta – Klaim Covid-19 mendominasi jumlah klaim dari lini bisnis reasuransi jiwa PT Reasuransi Indonesia Utama (Indonesia Re) di sepanjang tahun 2021. “Mayoritas klaim-klaim Covid-19 tersebut berasal dari lini bisnis asuransi jiwa kredit yang menyumbang klaim cukup besar pada tahun lalu,” kata Direktur Utama Indonesia Re Benny Waworuntu dalam keterangan resmi yang diterima Media Asuransi, Sabtu (26/2).

Sementara, memasuki 2022, seiring dengan semakin masifnya program vaksinasi, booster hingga penguatan fasilitas kesehatan untuk penanganan Covid-19, Benny optimistis, klaim yang diakibatkan Covid-19 akan semakin menurun.

Benny menegaskan pihaknya berupaya tetap prudent dan akurat dalam pengelolaan klaim dengan pemetaan prioritas klaim. Pasalnya, penanganan klaim ini menjadi hal penting bagi industri perasuransian,” tegasnya.

Hal itu juga menjadi salah satu strategi BUMN ini dalam mengoptimalkan manajemen risiko agar tetap dapat bertumbuh di tengah pandemi Covid-19.

|Baca juga: Indonesia Re Mampu Atasi Lonjakan Klaim Asuransi di 2021 dan Strateginya Bangun Bisnis Berkelanjutan di 2022

Benny menjelaskan pada 2021, nilai klaim outstanding terbesar Indonesia Re di sektor reasuransi umum datang dari lini bisnis kebakaran (fire).  Klaim tersebut berasal dari industri migas dengan nilai kerugian 100 persen mencapai angka Rp1 triliun, sedangkan klaim sesuai share Indonesia Re adalah sebesar Rp70 miliar.

Oleh karena itu, ungkap Benny, pada awal 2022, Indonesia Re telah membuat perencanaan terkait skenario klaim yang akan terjadi selama satu tahun ke depan. Skenario klaim tersebut dibuat dengan memanfaatkan data historis klaim di tahun-tahun sebelumnya dengan turut mempertimbangkan kemungkinan terjadinya bencana alam di Indonesia,” ujarnya.

Dengan adanya skenario klaim, jelas Benny, setiap bulannya underwriter melakukan pengecekan terkait apakah besar klaim real yang tercatat sejalan dengan skenario. Jika melampaui skenario, maka dilakukan penyesuaian kebijakan proses underwriting dalam akseptasi bisnis untuk memastikan klaim yang tercatat pada akhir tahun tidak melewati atau bahkan lebih rendah dari skenario.

Menurutnya, proses underwriting menjadi kunci dalam memilah bisnis. Indonesia Re senantiasa menjaga proses underwriting tetap prudent, detail, dan sesuai dengan underwriting guidelineSehingga, Indonesia Re dapat terus memberikan layanan kapasitas reasuransi kepada ceding companies dan sekaligus secara simultan dapat menjaga portofolio dan memastikan bisnis dapat bertumbuh secara menguntungkan,” ungkapnya.

|Baca juga: Prosedur Klaim Asuransi Jika Terkena Covid-19

Benny melanjutkan, saat ini pihaknya melakukan penyelarasan arah bisnis sebagai strategi agar Indonesia Re tetap berkembang di tengah pandemi yang masih berlangsung ini Selain melalui pengelolaan klaim, penyelarasan itu diwujudkan antara lain  dengan menyesuaikan proses bisnis akibat berlanjutnya dampak dari pandemi Covid-19 baik terhadap ekonomi makro serta perubahan consumer expectation and behavior.

 

Inovasi

Benny mengakui bahwa periode pandemi ini merupakan masa yang sangat menantang. Namun, dia menegaskan bahwa di tengah pandemi juga ada kesempatan untuk memanfaatkan teknologi informasi secara optimal. Dengan berpegang pada prinsip New Excellent Services, Indonesia Re senantiasa berkomitmen untuk terus melakukan peningkatan kualitas layanan terhadap ceding companies, salah satunya adalah melalui proses digitalisasi,” paparnya.

Selain itu, kata Benny menyadari bahwa data merupakan aset yang sangat berharga, sehingga Indonesia Re turut berinovasi melalui pengolahan data. Melalui langkah ini, Indonesia Re menghasilkan analytic tools seperti auto-underwriting pada bisnis reasuransi jiwa, Geostatistical Model dan juga Dynamic Rating untuk kelas bisnis Marine Hull, yang tidak lain bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan.

Dynamic Rating tool tersebut memungkinkan proses underwriting pada bisnis Marine Hull menjadi lebih handal melalui pemanfaatan kinerja Artificial Intelligent. Segala jenis layanan dan inovasi yang dilakukan Indonesia Re dapat diakses pada satu wadah yang terintegrasi, yaitu pada riuconnect@indonesiare.co.id,” tutup Benny.

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Jika Dana Terbatas Pilih Asuransi atau Investasi?
Next Post Ini Dia 29 Peserta yang Lolos Tahap III Seleksi DK OJK Jilid III

Member Login

or