1
1

Indika Energy Terbitkan Obligasi Valas senilai US$350 Juta

Ilustrasi Obligasi Valas. | Foto: freepick

Media Asuransi, JAKARTA – PT Indika Energy Tbk menerbitkan obligasi berdenominasi valas senilai US$350 juta untuk restrukturisasi pinjaman dan pembiayaan modal perusahaan.

Berdasarkan keterbukaan informasi publik dikutip, Rabu, 15 Mei 2024, surat utang berdenominasi dolar AS tersebut memiliki tingkat suku bunga sebesar 8,75% dan akan jatuh tempo pada 7 Mei 2029.

|Baca juga: Fitch Afirmasi Peringkat Indika Energy A+ Outlook Stabil

Perseroan akan menggunakan dana hasil penerbitan surat utang, setelah dikurangi dengan biaya-biaya, komisi-komisi, dan biaya pengeluaran lainnya sehubungan dengan penerbitan surat utang, di antaranya, untuk (i) pembelian kembali jumlah maksimum pokok terutang sehubungan dengan surat utang 2025; (ii) pelunasan sisa jumlah terutang surat utang 2025 melalui pembelian kembali pada pasar terbuka, penawaran tender dan/atau pelunasan sebagaimana diatur dalam indenture Surat Utang 2025; dan (iii) pendanaan pengeluaran modal Perseroan sehubungan dengan pengembangan dan ekspansi kegiatan usaha non-batu bara.

Sebelumnya, Fitch Ratings Indonesia telah mengafirmasi Peringkat Nasional Jangka Panjang PT Indika Energy Tbk (Indika) di ‘A+(idn)’. Outlook adalah Stabil.

|Baca juga: Anak Usaha Indika Energy (INDY) Raih Pinjaman Sindikasi US$70 Juta

Afirmasi ini mencerminkan ekspektasi Fitch bahwa profil keuangan Indika akan tetap memadai pada jangka waktu pemeringkatan 2024-2027 meskipun dengan adanya asumsi harga batu bara yang lebih rendah, peningkatan belanja diversifikasi, dan estimasi penghasilan konservatif (EBITDA) dari proyek-proyek baru yang dimulai pada tahun 2026.

Pinjaman terbaru senilai US$300 juta yang ditandatangani pada bulan Desember 2023 dan arus kas yang stabil dari operasi batu bara memposisikan Indika dengan baik dalam mengelola likuiditas dalam 12-18 bulan ke depan. Penerbitan obligasi yang diusulkan, jika berhasil, juga akan meningkatkan fleksibilitas keuangan.

Editor: Achmad Aris

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Obligasi Barito Pacific senilai Rp561,1 Miliar Akan Jatuh Tempo pada 8 Juli 2024
Bank DKI Berikan Fasilitas Kredit Kepemilikan Tempat Usaha di Pasar Sukasari Bogor. | Foto: Bank DKI
Next Post Bank DKI Berikan Fasilitas Kredit Kepemilikan Tempat Usaha di Pasar Sukasari Bogor

Member Login

or