Bencana Alam di NTT, Saatnya Melindungi Harta Benda dengan Asuransi

Media Asuransi – Bencana banjir dan tanah longsor di Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu, 4 April 2021, telah mengakibatkan 68 orang meninggal dunia. Bencana hidrometeorologi akibat cuaca eksetrem yang disebabkan Siklon Tropis Seroja ini, melanda 10 kabupaten dan 1 kota di NTT.

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dirilis Senin, 5 April 2021 menyebutkan bahwa jumlah korban 68 orang itu terdiri dari: 44 di antaranya merupakan warga Flores Timur, 11 orang di Lembata, 2 orang Ende, dan 11 orang Alor. “Ini kumulatif dari beberapa wilayah yang ada,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, dalam konferensi pers yang digelar secara virtual. Selain itu, BNPB juga mencatat sebanyak 70 orang hilang dengan rincian 26 orang di Flores Timur, 16 orang Lembata, dan 28 orang dari Alor.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bahwa Siklon Tropis Seroja adalah sebutan bagi bibit siklon tropis 99S yang terpantau sejak 2 April 2021 melalui Jakarta Tropical Cyclone Warning Center (TCWC). Hingga pada pukul 01.00 WIB, Senin, 5 April 2021, Siklon Tropis Seroja terpantau berada di Laut Sawu sebelah barat daya Pulau Timor, 10.0 LS – 122.7 BT. Lokasinya berada sekitar 95 kilometer sebelah utara barat laut Rote. Diperkirakan intensitas Siklon Tropis Seroja akan menguat dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah Barat Daya, menjauhi wilayah Indonesia.

Baca juga: Urgent, Memasukkan Asuransi dalam Revisi UU Kebencanaan

BNPB juga melansir jumlah korban luka-luka akibat banjir dan longsor itu mengakibatkan 15 orang luka-luka dan sebanyak 2.655 jiwa mengungsi. Selain itu, BNPB juga mencatat sebanyak 25 rumah rusak berat, 17 rumah hanyut, 114 rusak sedang, 60 rumah terendam, dan 743 rumah terdampak. Selain itu, 5 jembatan putus, 40 titik akses jalan tertutup pohon tumbang, 1 fasilitas umum rusak, dan 1 kapal tenggelam.

 

Asuransi Bencana Alam

Bencana alam seperti yang melanda NTT di awal April ini selalu menimbulkan kerugian, baik nyawa manusia maupun harta dan benda. Dalam kejadian ini, lebih dari 100 rumah mengalami kerusakan. Dalam kondisi seperti ini, ada baiknya kita mengingat kembali pentingnya perlindungan asuransi properti (rumah).

Asuransi rumah, sering dikenal dengan nama asuransi kebakaran. Mengapa demikian, karena dasarnya memang melindungi rumah dari risiko kebakaran. Hal ini Media Asuransi kutip dari beberapa laman (website) perusahaan asuransi umum. Salah satunya adalah dari PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance), yang memiliki produk asuransi Home Insurance.

Home Insurance merupakan produk asuransi yang memberikan perlindungan pada rumah tinggal dan perabot dari kerugian akibat kebakaran, petir, ledakan, asap dan kejatuhan pesawat terbang, produk ini juga dilengkapi jaminan kecelakaan diri. Home insurance memiliki perlindungan dasar kebakaran. Saat ini, Home Insurance dilengkapi dengan fitur terbaik, seperti kebongkaran, biaya pemadaman kebakaran, serta biaya pembersihan puing-puing.

Baca juga: Pentingnya Asuransi Bencana

Perlindungan dasar dari asuransi ini adalah memberikan penggantian atas kerugian atau kerusakan akibat kebakaran, petir, ledakan, asap dan kejatuhan pesawat terbang (mengacu pada Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia/PSAKI). Nah, belajar dari kejadian banjir dan longsor di NTT, nasabah perlu perlindungan tambahan: Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir dan Genangan Air. Pelrindungan tambahan ini memberikan ganti rugi atau biaya perbaikan terhadap kerusakan pada bangunan pada harta benda yang diasuransikan, disebabkan secara langsung oleh angin topan, badai, hujan es, banjir dan genangan air.

Sementara itu PT Asuransi Wahana Tata (Aswata) memiliki produk Aswata Griya, merupakan asuransi rumah tinggal dan apartemen dengan manfaat ekstra. Anda dapat memilih salah satu paket yang ditawarkan. Jika mengacu pada kejadian bencana alam di NTT, Anda dapat memilih Paket Signature. Ini merupakan asuransi untuk rumah tinggal berserta isinya dan/atau apartemen termasuk pemilik, keluarga dan tamu.

Luas jaminan Paket Signature dari Aswata Griya ini sesuai dengan Polis Properti All Risk, menjamin semua risiko kecuali yang disebutkan dalam daftar pengecualian. Luas jaminan produk ini mencakup antara lain: berupa jaminan dasar asuransi kebakaran, yakni melindungi dari risiko kebakaran, tersambar petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang dan asap (Fire, Lightning, Explosion, Impact of Aircraft and Smoke/FLEXAS). Menariknya, Paket Signature ini sudah dilengkapi dengan jaminan terhadap risiko banjir, angin topan, badai, dan kerusakan akibat air (Flood, Windstorm, Tempest, and Water Damage/FWTWD).

Bukan hanya rumah yang perlu dijamin dari risiko kerusakan akibat bencana alam. Kendaraan bermotor pun perlu jaminan serupa. Jika rumahnya hanyut terbawa banjir atau tertimbun tanah longsor, maka besar kemungkinan kendaraan bermotor yang ada di dalamnya juga ikut rusak. Dalam kondisi ini, kita perlu perlindungan asuransi kendaraan bermotor yang dilengkapi dengan perluasan jaminan bencana alam.

Banyak perusahaan asuransi yang memasarkan produk perlindungan untuk kendaraan bermotor, salah satunya adalah Autocillin. Ini merupakan produk asuransi mobil Adira Insurance yang memberikan jaminan terhadap  mobil yang Anda miliki. Jaminan yang diberikan Asuransi Mobil Autocillin meliputi jaminan Comprehensive atau jaminan Total Loss Only dengan rate premi asuransi mobil yang berbeda sesuai jenis jaminan yang dipilih.

Saat ini, Autocillin dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik, seperti Emergency Roadside Assistance, dan fitur pelayanan seperti Autocillin Mobile Claim Application, serta Autocillin Mobile Service agar secara terus menerus dapat memberikan pelayanan terbaik dengan proses yang simpel.

Adira Insurance mengeluarkan 2 produk asuransi mobil terbaik dan asuransi mobil bagus yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, yaitu Autocillin Classic (Konvensional) dan Autocillin Ikhlas (Syariah). Masing-masing produk terus dikembangkan dengan menambahkan berbagai fitur guna memberikan nilai lebih pada produk .

Untuk masing-masing produk memiliki 3 paket, yaitu: Paket Autocillin Comprehensive, Paket Autocillin Comprehensive Plus, dan Paket Autocillin TLO. Paket Autocillin Comprehensive Plus. Paket ini sudah dilengkapi aneka jaminan termasuk jaminan terhadap risiko angin topan, banjir, badai, hujan es, dan tanah longsor (satu jenis jaminan). Sedangkan untuk Paket Autocillin Comprehensive dan Paket Autocillin TLO, nasabah dapat menambahkan perluasan jaminan terhadap risiko angin topan, banjir, badai, hujan es, dan tanah longsor (satu jenis jaminan).

Perusahaan lain yang memiliki asuransi kendaraan bermotor adalah PT Asuransi Central Asia (ACA). Seperti dikutip Media Asuransi dari laman ACA, produk asuransi kendaraan bermotor perseroan memberikan perlindungan atau proteksi atas kerugian/kerusakan/kehilangan atas kendaraan bermotor, yang disebabkan oleh risiko-risiko yang dijamin dalam polis Asuransi Kendaraan Bermotor.

Baca juga: Indonesia Rawan Bencana Alam Industri Asuransi Harus Siap

Berkaca pada kejadian bencana alam di NTT, Anda dapat memilih Otomate. Ini merupakan produk asuransi kendaraan bermotor berkualitas dari ACA yang dikemas khusus dalam bentuk paket dan disertai dengan fasilitas layanan istimewa berupa mobil pengganti, perbaikan darurat, mobil derek dan lain-lain.

Ada tiga jenis paket yang ditawarkan, yakni: Otomate Smart, Otomate, dan Otomate Solitaire. Ketiganya merupakan jenis asuransi komprehensif. Namun jika ingin mendapat perlindungan dari risiko banjir, angin topan, dan gempa bumi, Anda dapat memilih paket Otomate atau Otomate Solitaire. Khusus untuk risiko bencana alam seperti yang terjadi di NTT, beda dari Otomate dan Otomate Solitaire adalah nilai maksimal klaim untuk kejadian yang disebabkan bencana alam tersebut. Otomate nilai jaminannya maksimal 10 peren dari UP, sedangkan untuk Otomate Soliaire nilainya maskimal 10 persen dari UP.

Jadi segeralah lindungi aset Anda dengan asuransi. Jangan lupa melengkapinya dengan perluasan jaminan bencana alam. Edi

 

Leave a Reply