Reliance Sekuritas: IHSG Berpotensi Lanjutkan Penguatan

Media Asuransi – Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diperkirakan berpotensi melanjutkan penguatan setelah berhasil ditutup di zona hijau pada perdagangan kemarin.

Head of Research Equity Technical Analyst PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk, Lanjar Nafi mengatakan, secara teknikal IHSG berhasil terus mengonfirmasi rebound setelah berhasil break out resistance MA5.

Baca juga: Erdikha Sekuritas: IHSG Cenderung Menguat Terbatas

Dia menjelaskan, arah pergerakan terus mencoba uji resistance MA20 dan MA50. Indikator Stochastic dan RSI bullish momentum. Indikator MACD potensi cross over positif pada area udervalue

“Sehingga secara teknikal IHSG berpotensi melanjutkan penguatan dengan support resistance 6.018-6.118,” katanya melalui riset harian yang dikutip Media Asuransi, Jumat, 9 April 2021. 

Baca juga: Reliance Sekuritas: IHSG Berpotensi Kembali Menguat

Menurutnya, saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal di antaranya; ADHI, ADRO, ANTM, BBRI, BBTN, DOID, HMSP, INDY, MIKA, MNCN, PGAS, PTPP, SRIL, dan UNVR.

Kemarin, IHSG (+0,58%) naik setengah persen 35,11 poin ke level 6.071,72 dengan saham-saham di sektor Pertambangan (+1,63%), Properti (+1,28%) dan Industri Dasar (+1,16%) kembali mendorong penguatan hingga akhir sesi perdagangan. 

Baca juga: Rights Issue, Summarecon (SMRA) Incar Dana Segar Rp1,5 Triliun

“Investor kembali optimistis pada saham-saham yang related dengan battery dan pembentukan SWF indonesia setelah kedua kriteria saham tersebut mendapat tekanan pada awal pekan. Investor asing masih tercatat melakukan net sell sebesar Rp503,11 miliar dengan saham BBCA, BBRI dan TLKM yang masih menjadi top net sell value investor asing.”

Sementara itu, Bursa Asia menutup perdagangan dengan bervariasi. Pelemahan terjadi pada indeks saham Jepang di mana Indeks Nikkei (-0,07%) meskipun data neraca pembayaran di Jepang rilis cukup positif sedangkan indeks Hang Seng (+1,16%) dan CSI300 (+0,17%) naik menjelang pengumuman Inflasi dan Harga Produsen pada hari Jumat.

Bursa Eropa membuka perdagangan di zona hijau. Indeks Eurostoxx (+0,36%), FTSE (+0,22%), DAX (+0,08%) dan CAC40 (+0,54%) naik iringi indeks berjangka AS yang menguat setelah komitmen The Fed untuk mendukung kebijakan membantu meningkatkan sentimen. 

“Minyak mentah turun karena pandemi memburuk di wilayah utama saat OPEC + bersiap untuk menambah pasokan selama beberapa bulan mendatang. Minyak mentah West Texas Intermediate turun 0,6% menjadi US$59,42 per barel. Selanjutnya investor akan menanti hasil pertemuan IMF dengan Bank Dunia 2021 dan data inflasi dan harga produsen di Tiongkok.” Aca

 

Leave a Reply