Siap Lunasi Obligasi Jatuh Tempo, Peringkat Bank Maybank Ditegaskan idAA

Media Asuransi – PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat “idAA” untuk Obligasi Subordinasi Berkelanjutan II Tahap I Tahun 2014 PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Bank Maybank Indonesia) sebesar Rp1,5 triliun yang akan jatuh tempo pada tanggal 8 Juli 2021. 

Melalui keterangan resminya yang dikutip Media Asuransi, Selasa, 30 Maret 2021, Pefindo menjelaskan bahwa kesiapan Bank Maybank Indonesia untuk melunasi sukuk dan obligasi yang akan jatuh tempo tersebut didukung oleh aset likuid dalam bentuk kas dan penempatan pada Bank Indonesia sebesar Rp18,4 triliun per akhir Januari 2021. 

Baca juga: 

“Efek utang dengan peringkat idAA memiliki sedikit perbedaan dengan peringkat tertinggi yang diberikan, dan kemampuan obligor untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang atas efek utang tersebut, dibandingkan dengan obligor lainnya di Indonesia, adalah sangat kuat,” tulis Pefindo. 

Maybank Indonesia bergerak di jasa perbankan konvensional dan syariah. Pemegang saham utama BNII adalah Sorak Financial Holdings Pte Ltd (45,02%) dan Maybank Offshore Corporate Services (Labuan) Sdn Bhd (33,96%), keduanya anak perusahaan Maybank. UBS AG, London branch memiliki 18,31% saham dan sisanya 2,71% saham dimiliki oleh masyarakat. Per 31 Desember 2020, perusahaan menyediakan layanan perbankan melalui 361 kantor cabang dan 6.540 karyawan. Aca