1
1

BCA Sabet 15 Penghargaan di TKMPN 2024 Berkat Inovasi Digital Perbankan

Tim BCA bersama penghargaan yang diterima. | Foto: BCA

Media Asuransi, JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) meraih 15 penghargaan pada kompetisi Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) XXVIII 2024 yang diadakan di Bali. 15 penghargaan tersebut diperoleh dari keikutsertaan sembilan tim di Divisi e-Channel & Settlement Services (CSV) BCA. Prestasi itu mencerminkan komitmen BCA dalam menghadirkan inovasi layanan perbankan berkelanjutan, untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas pelayanan kepada nasabah.

EVP e-Channel & Settlement Services BCA, Reni Septiana, mengatakan bahwa pihaknya sangat bangga kembali meraih pencapaian luar biasa di bidang inovasi teknologi, khususnya layanan perbankan. “Perolehan 15 penghargaan ini adalah wujud nyata komitmen perseroan yang senantiasa menghadirkan inovasi dalam peningkatan produktivitas dan kualitas pelayanan kami kepada nasabah,” katanya dalam keterangan resmi yang dikutip Kamis, 2 Januari 2025.

|Baca Juga: BCA Teken Komitmen Women Entrepreneurs Finance Code Indonesia

TKMPN XXVIII 2024 yang diselenggarakan pada 2-6 Desember 2024, merupakan wadah bagi perusahaan dan organisasi di Indonesia untuk memamerkan inovasi serta pencapaian terbaiknya. Mengusung tema Mewujudkan Generasi Emas melalui Green Innovation dan Productivity, ajang ini diikuti 2.300 peserta dari 227 perusahaan dan berfokus pada penilaian terhadap inovasi, produktivitas, dan kualitas layanan.

Khusus sektor perbankan, penilaian dilakukan menyeluruh pada layanan konvensional maupun digital. BCA membawa pulang 15 penghargaan dari kompetisi tersebut setelah melewati berbagai tahapan dan penilaian dari para juri ahli. Ke-15 penghargaan tersebut yakni:

  1. Top 3 Diamond (penghargaan spesial untuk perusahaan dengan inovasi terbaik) – Integrasi dan Otomasi Proses Pembukaan Rekening Dana Nasabah atas inovasi REDANA (layanan pembukaan rekening)
  2. Excellent Productivity – CSV Cash Ecosystem Transformation for Sustainable Development Goals
  3. Excellent Innovation – CSV Cash Ecosystem Transformation for SDGs
  4. Excellent Hi-Tech Application – CSV Cash Ecosystem Transformation for SDGs
  5. Best Presentation – CSV Cash Ecosystem Transformation for SDGs
  6. Diamond – Mengurangi Kegagalan Transaksi BI-FAST, Mempercepat Proses Rekonsiliasi dan Penanganan Keluhan atas inovasi PSR, Auto-reverse, OSRA, dan RPA
  7. Platinum – Optimalisasi Manajemen Aset Mesin ATM atas inovasi Sistem OASE (One ATM Solution Ecosystem)
  8. Diamond – Integrasi dan Otomasi Proses Pembukaan Rekening Dana Nasabah atas inovasi REDANA
  9. Best Performance – Integrasi dan Otomasi Proses Pembukaan Rekening Dana Nasabah dengan REDANA atas inovasi REDANA
  10. Diamond – Strategi Proaktif Penyelesaian Transaksi Abnormal atas inovasi Machine Learning & Transformation Process
  11. Most Favorite – Strategi Proaktif Penyelesaian Transaksi Abnormal dengan Machine Learning dan Transformasi Proses atas inovasi Machine Learning & Transformation Process
  12. Diamond – Transformasi Proses End-to-End EDC atas inovasi Integrated System Environment
  13. Diamond – Efisiensi dan Optimalisasi Layanan Pengisian Uang di ATM atas inovasi InCash
  14. Diamond – Transformasi Penyediaan Kartu Debit Instan atas inovasi Magnifico System
  15. Platinum – Mempercepat Proses Transaksi Bulk Transfer Offline atas inovasi Robotic Smart OCR

|Baca juga: Pembiayaan BCA Syariah Tumbuh 29,4% per November 2024

Reni menjelaskan bahwa inovasi BCA membantu meningkatkan kualitas operasional dan layanan lebih efisien sesuai kebutuhan nasabah. Salah satunya, inovasi Payment Status Request (PSR), Auto-Reverse, One Stop Reconciliation App (OSRA), dan Robotic Process Automation (RPA) yang membantu meminimalkan kegagalan transaksi BI-FAST, mempercepat proses rekonsiliasi, serta mengatasi keluhan nasabah. BCA juga menghadirkan inovasi Magnifico System (Machine Learning & Unified Card Personalization System) yang memungkinkan penyediaan kartu debit secara efisien. Terdapat juga inovasi REDANA yang mempermudah layanan pembukaan rekening bagi nasabah.

Menurutnya, penghargaan yang diterima BCA mengukuhkan komitmen perseroan untuk senantiasa berinovasi dalam memberikan solusi terbaik bagi nasabah. BCA percaya, inovasi yang berkelanjutan adalah kunci untuk memperkuat kepercayaan dan hubungan jangka panjang dengan nasabah kami. “Ke depannya, BCA akan senantiasa beradaptasi dengan kebutuhan nasabah serta perkembangan teknologi guna memberikan nilai tambah yang optimal,” tutur Reni.

Editor: S. Edi Santosa

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Kementerian ATR Bukukan PNBP Rp2,9 Triliun di 2024
Next Post Klaim Asuransi Professional Indemnity Kian Membengkak, Kok Bisa?
mediaasuransi_pd_728x90_std_hsbc mediaasuransi_pd_300x600_std_hsbc mediaasuransi_pd_300x250_std_hsbc mediaasuransi_pd_320x100_std_hsbc mediaasuransi_pd_320x50_std_hsbc mediaasuransi_pd_320x480_std_hsbc

Member Login

or