1
1

Rayakan Hari Pelanggan Nasional, BCA Kembali Tegaskan Filosofi Customer First

Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja (kedua dari kanan) menyerahkan cenderamata kepada salah satu nasabah BCA KCU City Tower, di Hari Pelanggan Nasional, 4 September 2023. | Foto: doc

Media Asuransi, JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menegaskan filosofi Customer First dalam menjalankan pelayanan yang berkualitas bagi seluruh nasabah tercinta, termasuk untuk inovasi digital, saat menyambut Hari Pelanggan Nasional (HPN) pada 4 September 2023.

Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional, jajaran direksi BCA secara khusus memberikan pelayanan langsung kepada nasabah di tiga lokasi sekaligus yakni di KCU City Tower, KCU Tangerang City, dan KCU Depok. Direksi yang terlibat meliputi Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, Direktur BCA, Haryanto Budiman, dan Direktur BCA, Antonius Widodo Mulyono pada masing-masing KCU.

“Bagi BCA, Hari Pelanggan Nasional bukan saja perayaan untuk mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada pelanggan, tetapi juga momen refleksi bagi kami bahwa seberapa jauh kami dapat mengerti dan memenuhi kebutuhan nasabah. Kami sadar betul bahwa kepercayaan dan loyalitas nasabah BCA adalah faktor penting yang memungkinkan kami untuk tetap melayani selama 66 tahun,” ungkap Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadjadi sela-sela perayaan Hari Pelanggan Nasional di BCA KCU City Tower, Jakarta, Senin, 4 September 2023.

BCA memegang teguh filosofi Customer First, yang menjadikan setiap nasabah sebagai fokus perhatian dari layanan yang ditawarkan. Sebagai contoh, beragam inovasi digital yang dilakukan oleh BCA selalu dilakukan dengan tujuan untuk menjawab kebutuhan nasabah yang beragam, baik kebutuhan di masa kini maupun proyeksi kebutuhan nasabah di masa mendatang.

|Baca juga: 2.300 Nasabah Hadiri Sesi Offline BCA Wealth Summit 2023

Filosofi Customer First ini kemudian menjadi semangat dari lahirnya beragam inovasi digital yang kini sudah banyak dimanfaatkan oleh segenap nasabah. Salah satu best practice adalah diperkenalkannya fitur pembukaan rekening online pada BCA mobile tepat satu tahun sebelum pandemi, dan hingga hari ini masih diandalkan nasabah di era digital ini. Hingga Juni 2023, jumlah rekening nasabah mencapai 37,6 juta, tumbuh 19,4 persen year on year (yoy)terutama ditopang oleh pembukaan rekening online yang mencapai 66 persen dari total rekening individu yang dibuka pada semester I/2023.

Selain terus mempertajam fitur aplikasi BCA mobile dan internet banking (KlikBCA), BCA juga memiliki inisiatif digital lainnya seperti aplikasi myBCA sebagai milestone pengembangan aplikasi pelayanan terintegrasi di masa depan. BCA terus menambahkan sejumlah fitur di myBCA untuk meningkatkan kenyamanan bertransaksi nasabah, di antaranya kontrol kartu debit, kontrol kartu kredit, fitur cardless untuk melakukan tarik dan setor tunai tanpa kartu di ATM BCA, hingga pembayaran tagihan kartu kredit.

Selain layanan digital, BCA menilai kehadiran kantor cabang masih memiliki peran penting dalam memberikan pelayanan kepada nasabah. Tidak seluruh transaksi dapat digantikan sepenuhnya dengan digital, sehingga petugas frontliners, baik yang melayani transaksi hingga satpam, terus dikembangkan untuk memberikan layanan yang paling optimal untuk nasabah. Secara keseluruhan, BCA secara konsisten mengusung konsep hybrid banking untuk senantiasa melayani nasabah yang bertumbuh, baik di ekosistem online maupun offline.

Hingga Juni 2023, BCA memiliki 1.251 kantor cabang yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Dari jumlah tersebut, lebih dari 80 persen di antaranya telah menerapkan inovasi perangkat dan aplikasi pendukung digital. Transformasi cabang BCA menjadi cabang digital telah dilakukan sejak 2018, yakni mesin dan aplikasi digital dapat digunakan oleh nasabah secara mandiri dan didukung dengan teknologi terkini.

Perpaduan inovasi teknologi dan layanan yang berkualitas mengantarkan BCA untuk mencatat total volume transaksi yang terus tumbuh secara konsisten, mencapai 14,3 miliar di semester I/2023 atau naik 27,2 persen yoy. Kanal mobile banking mencatat kenaikan volume transaksi tertinggi, yakni tumbuh sebesar 44,0 persen yoy.

 

Editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post IFG Bike For Charity
Next Post Bank Muamalat Luncurkan Dua Layanan Digital

Member Login

or