1
1

Bos Allianz Indonesia Ingatkan Generasi Muda Wajib Punya Dana Darurat dan Asuransi

Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia Sunadi. | Foto: Allianz Utama Indonesia

Media Asuransi, JAKARTA – Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia Sunadi menyebutkan generasi muda seperti Gen Z masih pada tahapan di antara memulai perjalanan finansial. Sedangkan milenial sudah berada pada tahapan yang lebih matang namun masih pada fase mencari kestabilan finansial untuk memenuhi kebutuhan hidup.

“Untuk itu, fondasi keuangan lewat manajemen risiko seperti dana darurat dan asuransi harus tetap dimiliki agar dapat menunjang tujuan finansial selanjutnya di masa depan,” ujar Sunadi, saat hadir sebagai salah satu panelis dalam Indonesia Millennial & Gen Z Summit 2024, dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu, 30 Oktober 2024.

|Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Polis Asuransi dan Jenisnya

|Baca juga: Aku Merajut Masa Depan Lewat Pasar Saham

Hal yang harus terus didukung adalah pertumbuhan kelompok muda untuk memiliki dasar perlindungan keuangan dan memastikan manajemen risiko adalah hal yang esensial untuk dimiliki. Sunadi menyampaikan nasabah Generasi Z dan milenial sudah mulai mengalami pertumbuhan yang hampir seimbang di antara keseluruhan jumlah nasabah Allianz Indonesia.

Pertumbuhan yang hampir seimbang itu, tambahnya, yaitu sekitar 45 persen dan harapannya akan terus bertumbuh apabila edukasi keuangan dapat menyasar dengan baik kepada kelompok muda. Menurutnya generasi saat ini sudah mulai menyadari risiko keuangan yang sering hadir secara tiba-tiba.

“Peran asuransi sebagai manajemen risiko sangat membantu dalam mempertahankan kestabilan finansial generasi muda. Hal ini terbukti dengan dominasi kelompok muda yang terbantu dengan pengajuan klaim penyakit yang tidak memandang usia,” kata Sunadi.

Untuk itu, kunci dalam menghadapi tantangan generasi muda yang ingin memiliki perencanaan keuangan yang matang dengan manajemen risiko dapat dimulai dengan perhitungan alokasi pengeluaran yang tepat dan tekad disiplin serta konsistensi dalam menyisihkan dana darurat yang sudah disesuaikan dengan pemasukan masing-masing.

|Baca juga: FIFGROUP Tawarkan Promo Menarik di IMOS 2024

|Baca juga: Berikut 50 Perusahaan Asuransi Properti dan Kecelakaan Terbesar di Dunia, Siapa Juaranya?

Bagi kelompok muda yang masih memulai perjalanan finansial dan mencari langkah perencanaan keuangan yang tepat dapat mengacu pada tingkat piramida keuangan dan dimulai dengan menjaga keuangan yang aman lewat dana darurat dan asuransi.

Selanjutnya perencanaan keuangan di tahapan lebih lanjut dapat didukung produk investasi dan pendapatan pasif, hingga masuk pada tahap akhir ‘distribusi kekayaan’. Beberapa tahapan perencanaan keuangan ini dapat menjadi arah acuan untuk perencanaan kesejahteraan finansial, khususnya bagi generasi muda yang ingin memulai pengelolaan keuangan yang stabil.

Allianz Indonesia juga melakukan berbagai inisiatif yang dapat mendukung generasi muda untuk dapat terus memiliki perlindungan finansial, yaitu melalui inovasi produk A-Z dan aplikasi teknologi agar semakin mudah untuk terlindungi dengan asuransi.

Dalam meluruskan mindset generasi muda yang masih memiliki keraguan untuk memiliki perlindungan asuransi, Allianz Indonesia juga senantiasa berinovasi dalam menjalankan strategi, salah satunya lewat platform media sosial.

Hingga saat ini, Allianz Indonesia terus mengintegrasikan berbagai platform media sosial yang menargetkan Generasi Z dalam menumbuhkan mindset yang tepat terkait asuransi. Allianz Indonesia menyediakan konten yang relevan di media sosial dengan berperan sebagai financial influencer terpercaya yang lekat dengan karakterisik generasi muda.

|Baca juga: 6 Cara Efektif Menemukan Produk Asuransi yang Tepat untuk Anda

|Baca juga: Menyalakan Asa Keberlanjutan di Target NZE

Hal ini tujuannya adalah untuk mengedukasi kelompok yang belum familiar dengan asuransi agar dapat memahami dan akhirnya memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Allianz bertekad senantiasa berinovasi dalam menghadirkan produk yang mengikuti gaya hidup generasi muda, di mana perilaku dan kebutuhannya selalu berkembang.

“Fokus ini juga terus kami maksimalkan lewat kolaborasi baik dengan regulator, komunitas, dan mitra untuk menggelar literasi bagi segala kalangan, agar setiap orang dapat memahami dan memilih solusi proteksi yang sesuai dengan kebutuhan mereka,” pungkas Sunadi.

Editor: Angga Bratadharma

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post GoPay Asuransi Resmi Meluncur, Perlindungan Kesehatan Mulai dari Rp60 Ribu!
Next Post Peringati Sumpah Pemuda, IFG Life Dorong Generasi Muda di Labuan Bajo Berkarya

Member Login

or