1
1

Jangan Lupa, Lindungi Mobil Anda dengan Asuransi

Pengunjung sedang mengamati produk terbaru dari Daihatsu yang dipajang pada pameran otomotif di Serpong Tangerang beberapa waktu lalu. | Foto: Media Asuransi/Arief Wahyudi

Media Asuransi, JAKARTA – Selama periode mudik dan balik lebaran Idulfitri 2024, hampir tiap hari kita disuguhi berita kecelakaan kendaraan bermotor yang menimpa para pemudik. Mulai dari kecelakaan sepeda motor, mobil terbakar, bis terguling, mobil masuk jurang, dan sebagainya.

Jumlah korban yang meninggal dunia dan mengalami luka-luka, mencapai ribuan orang. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mencatat jumlah kecelakaan selama masa arus mudik dan balik lebaran tahun 2024, hampir tiga ribu.

“Untuk kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan balik ada penurunan angkanya sekitar 13 persen, dari 3.412, di tahun 2024 saat ini turun menjadi 2.985,” kata Kakorlantas Polri, Irjen Aan Suhanan, di Pos Tol Jasamarga kilometer 70, Selasa, 16 April 2024.

Hampir tiga ribu kasus kecelakaan yang terjadi dalam periode ini. Jika menghitung banyaknya kendaraan yang terlibat kecelakaan, tentu akan besar nilai kerugian ekonomi yang ditanggung oleh para korban. Totalnya bisa saja mencapai belasan atau puluhan miliar rupiah, akibat kerusakan ringan hingga parah, bahkan total seperti pada kasus mobil yang terbakar setelah tabrakan.

|Baca juga: Zurich Gandeng Klook Luncurkan Asuransi Penerbangan FlyEasy

Kondisi ini mestinya mengingatkan kita kembali mengenai pentingnya melindungi salah satu aset yang kita miliki, mobil atau sepeda motor, dengan asuransi kendaraan bermotor. Saat ini sudah cukup banyak perusahaan asuransi yang menyediakan perlindungan untuk kendaraan bermotor.

Salah satunya adalah asuransi mobil Autocillin dari PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (Zurich). Dikutip dari laman perusahaan, Rabu, 17 April 2024, ada tiga jenis perlindungan yang ditawarkan Autocillin ini, yakni total loss only, comprehensive, dan comprehensive plus.

Total loss only menawarkan penggantian kehilangan atau kerusakan total terhadap mobil Anda akibat kecelakaan, kebakaran, dan kejahatan. Comprehensive, memberikan jaminan berupa penggantian dan perbaikan sebagian maupun keseluruhan terhadap mobil Anda akibat kecelakaan, kebakaran, dan kejahatan. Comprehensive plus, memberikan jaminan penggantian dan perbaikan maupun keseluruhan terhadap mobil Anda akibat kecelakaan, kebakaran, kejahatan, juga risiko atas bencana alam dan kerusuhan.

Jenis-jenis perlindungan yang ditawarkan Autocillin, yakni total loss only, comprehensive, dan comprehensive plus, biasanya juga ditawarkan oleh perusahaan Asuransi umum lainnya. Sehingga sebenarnya tidak menjadi masalah jika Anda memiliki preferensi perusahaan asuransi umum lain yang akan menjadi penjamin mobil Anda.

Hal yang paling penting adalah: mobil Anda perlu dilindungi dari berbagai risiko yang mungkin terjadi, dengan asuransi kendaraan bermotor.

Editor: S. Edi Santosa

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Korsel Diminta Permudah Proses Pembuatan Visa bagi Masyarakat Indonesia
Next Post 4 Rekomendasi Saham untuk Jemput Rezeki saat IHSG Diselimuti Awan Gelap

Member Login

or