1
1

Ketahui 5 Tips Aman Sebelum Nonton Konser di Luar Negeri!

Ilustrasi konser. | Foto: Allianz

Media Asuransi, JAKARTA – Usai pandemi Covid-19, masyarakat Indonesia, termasuk di antaranya generasi muda mulai kembali memenuhi berbagai kegiatan gaya hidup seperti traveling, belanja, bahkan menonton konser.

Seperti yang diketahui, Singapura sering menjadi tuan rumah untuk konser berskala internasional. Sederet musisi dan artis ternama dunia seperti Coldplay pernah konser di negeri tetangga tersebut, bahkan Ed Sheeran dan Taylor baru-baru ini mengumumkan akan menggelar konser di Singapura.

Tak heran, banyak masyarakat Indonesia rela terbang ke luar negeri seperti Singapura untuk bisa menonton konser musisi kesayangannya. Hal ini dibuktikan dengan harga tiket pesawat dan akomodasi di negara tetangga tersebut yang sudah mulai melambung tinggi pada hari di mana pertunjukkan konser berlangsung.

|Baca: 10 Perusahaan Asuransi Tidak Melanjutkan Bisnis Unit Syariahnya

Namun perlu diperhatikan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum menonton konser di luar negeri, apalagi untuk concert goers’ yang baru pertama kali.

Mengutip keterangan tertulisnya, Minggu, 14 Januari 2024, Chief Distribution Officer Allianz Utama Indonesia Mariani Solihah memberikan beberapa tips guna menjadikan pengalaman nonton konser di luar negeri menjadi aman dan menyenangkan.

Apa saja yang perlu disiapkan? Mari disimak!

1. Anggaran perjalanan

Hal pertama yang perlu disiapkan adalah menentukan anggaran perjalanan secara keseluruhan. Ini mencakup biaya tiket pesawat, akomodasi, transportasi lokal, makanan, dan pengeluaran lainnya. Pertimbangkan juga fluktuasi mata uang dan perbedaan harga di negara yang akan kamu kunjungi. Buat daftar rinci semua biaya yang mungkin akan dikeluarkan dan tetapkan anggaran yang realistis.

2. Tiket konser/event

Pastikan sudah membeli atau memiliki tiket konser atau tiket event. Pantau terus informasi penjualan tiket di website atau media sosial resmi. Apabila mau nonton konser, pastikan juga telah memilih area tempat duduk sesuai budget dan preferensi menikmati konser tersebut.

3. Tempat penginapan yang dekat lokasi konser

Setelah urusan pertiketan beres, langsung pesan tempat penginapan terdekat dari venue atau lokasi yang mudah dijangkau dengan transportasi umum. Lokasi penginapan yang dekat dengan tempat acara yang ingin dituju bisa memangkas ongkos transportasi, di mana kita ketahui bahwa biaya transport di negara seperti Singapura lebih mahal.

Terlebih lagi, biasanya acara musik selesai mendekati tengah malam di mana pilihan transportasi semakin sedikit. Jadi, jika lokasi penginapan masih tergolong walking distance. Hal ini akan sangat menghemat pengeluaran selama trip.

4. Pastikan paspor masih aktif

Selanjutnya, periksa persyaratan paspor, juga visa jika dibutuhkan, dan dokumen perjalanan untuk negara yang akan dikunjungi. Untuk negara di ASEAN seperti Singapura memang tidak diperlukan visa, namun beberapa negara memerlukan visa sebelum masuk. Sedangkan negara lain memberikan visa on arrival.

Sempatkan waktu untuk memeriksa persyaratan ini dan memprosesnya sesuai dengan jangka waktu yang diperlukan. Jika negara tujuan membutuhkan visa, biasanya melibatkan biaya tambahan. Jadi pastikan untuk menganggarkan dana.

5. Asuransi perjalanan

Satu yang paling penting, yaitu untuk memiliki asuransi perjalanan yang mencakup perlindungan terhadap penundaan perjalanan, pembatalan perjalanan, perlindungan bagasi/barang, hingga kecelakaan. Memiliki proteksi pada saat melakukan perjalanan dapat menjaga keseruan yang didapatkan dari menonton konser, sehingga tidak menjadi keribetan saat terjadinya risiko.

“Jadi, selain siapkan anggaran serta segala atribut guna menikmati sajian konser dari musisi favorit di luar negeri, selalu lengkapi perjalanan menonton musik di luar negeri dengan perlindungan perjalanan. Agar vibe positif setelah menonton acara musik bisa everlasting saat sudah kembali ke Tanah Air,” pungkas Mariani Solihah.

Editor: Angga Bratadharma

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Dukung Pengembangan UMKM, BSI Bakal Kucurkan KUR Syariah Rp16 Triliun di 2024
Next Post Jangan Cuma Wacana! Ini 4 Tips Wujudkan Resolusi Bangun Bisnis di Tahun Baru

Member Login

or