1
1

6 Tips Cara Investasi Emas Supaya Untung dan Tidak Rugi

Ilustrasi investasi Emas. | Foto: doc

Media Asuransi, JAKARTA – Mungkin biasanya Anda hanya terbiasa dengan menabung gaji bulanan dan berusaha agar pengeluaran terkontrol sehingga tidak boros. Jika terpikir untuk berinvestasi, yang pertama kali tercetus di pikiran adalah saham atau properti. Namun, bagaimana dengan investasi emas? Selama tahu cara investasi emas agar untung, tidak perlu khawatir mencobanya.

Tertarik untuk mulai melakukan investasi emas? Bukan rahasia lagi, logam mulia atau emas batangan bisa dijadikan alat investasi jangka panjang. Nilai emas cenderung naik dan tidak rentan terhadap pergolakan ekonomi.

Banyak instrumen investasi lainnya yang memberikan imbal hasil lebih tinggi seperti saham. Namun, sesuai dengan keuntungan yang diperoleh, risikonya juga tinggi.

Investasi lainnya yang juga memberikan keuntungan tinggi adalah properti. Namun, kelemahan dari properti adalah tidak likuid seperti emas. Sehingga pada akhirnya akan membutuhkan waktu lama untuk menjual properti.

|Baca juga: Pelajari Berbagai Istilah dalam Investasi Emas, Agar Tidak Kecolongan

Emas dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memiliki investasi jangka panjang yang mudah dilikuidasi dengan sedikit resiko. Bagi Anda yang masih memulai untuk investasi emas, berikut adalah langkah jitu investasi emas yang dapat Anda coba.

Jadi, apa saja cara investasi emas agar untung? Semoga cara cara di bawah ini dapat membantu Anda memulai investasi emas dengan senang dan percaya diri, yang dikutip dari laman resmi pegadaian, Senin, 3 Juni 2024.

  1. Tentukan Tujuan Berinvestasi Emas

Sebelum memulainya, tanyakan dulu pada diri Anda, mengapa saya ingin berinvestasi emas? Jangan sampai melakukan hanya karena ikut-ikutan, karena investasi yang tidak dijalankan dengan serius akan berakhir di pegadaian atau dijual lagi saat kepepet secara finansial. Bila sudah menemukan tujuan jangka panjang, maka langkah jitu dalam berinvestasi emas ini sudah dilakukan.

  1. Perkirakan Waktu Berinvestasi dan Berkonsultasi dengan Ahli

Kapankah sebaiknya berinvestasi emas? Saatnya rajin memerhatikan pasar dan berkonsultasi dengan yang lebih ahli. Kesalahan pemain baru dalam investasi emas adalah mengira bahwa mereka bisa melakukannya kapan saja. Padahal, bila harga emas lagi turun, justru malah mereka yang merugi. Makanya, langkah jitu berinvestasi emas yang ini tidak boleh sampai dilupakan.

Sebelum menjual emas, carilah terlebih dulu informasi mengenai harga emas dan kecenderungan jangka pendeknya ke depan. Media massa selalu melaporkan perkembangan harga emas terbaru, sekaligus analisisnya terhadap kemungkinan perkembangan harga beberapa waktu mendatang. Kita juga bisa meneropong tren harga emas di internet, misalnya melalui situs Kitco, Goldprice, atau UBS Gold.

  1. Pilihlah Jenis Emas yang Sesuai

Jangan salah. Meski perhiasan yang dibeli terbuat dari emas, bukan berarti bisa dijadikan bagian dari investasi. Selain sudah terkena beban biaya pembuatan perhiasan, harganya malah lebih kecil saat dijual kembali. Untuk langkah yang lebih jitu dalam berinvestasi emas, pilihlah emas batangan atau koin.

|Baca juga: Mau Investasi tapi Gaji UMR, Ikuti 5 Langkah Mudah Nabung Emas

Setelah tahu persis pergerakan harga emas, barulah kita memilih tempat. Emas bersertifikat selalu diterima di mana pun. logam mulia 24 karat lebih mudah dijual daripada 18 karat. Emas dengan sertifikat akan lebih dihargai lebih tinggi. Perhiasan emas yang modelnya masih bertahan, juga akan lebih mudah dijual.

  1. Jangan Berutang untuk Investasi Emas

Ini satu lagi kesalahan yang rawan dilakukan pemain baru dalam investasi emas. Pastikan Anda sudah memiliki modal yang cukup sebelum memulai, karena investasi ini berjangka panjang dan hasilnya tidak bisa diambil dalam waktu dekat. Jangan sampai malah jadi berutang hanya gara-gara berinvestasi emas, namun tanpa persiapan yang matang.

  1. Siapkan Dana Cadangan dan Pilih Kadar Logam yang Murni

Langkah jitu berinvestasi emas ini masih terkait dengan poin sebelumnya. Sebelum memulai, pastikan Anda sudah mempersiapkan dana cadangan. Seberapa besar? Ya, kira-kira sekitar enam hingga 12 bulan pengeluaran keluarga sebelum memulai investasi emas.

Selain itu, jangan asal membeli emas. Pastikan kadar logam emas yang Anda beli murni, kira-kira nyaris 100 persen (sertifikasi asli dari PT Aneka Tambang/Antam dapat menjamin keasliannya.) Anda dapat mendatangi kantor Antam atau Pegadaian untuk sumber yang lebih tepercaya.

  1. Jual ke Pihak yang Memberikan Harga Tinggi

Usahakan untuk menjual kembali di tempat kita membeli sebelumnya, apalagi bila kuitansi pembelian masih ada. Jika ada perjanjian buy back guarantee, cobalah mencari informasi apakah harganya sudah terbaik. Bila ada tempat lain yang bersedia membeli dengan harga lebih tinggi, abaikan saja garansi itu. Jika menjual ke Logam Mulia Aneka Tambang, konon ada kemungkinan harganya sedikit lebih tinggi daripada di toko emas biasa.

Bagaimana? Sudah siapkah berinvestasi emas? Lakukan kelima langkah jitu berinvestasi emas di atas dan semoga semuanya lancar dan aman.

Editor: S. Edi Santosa

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Investor Panen Untung, 3 Emiten Asuransi Ini Bagikan Dividen Jumbo!
Next Post China Jatuhkan Sanksi Keras untuk PwC, Ini Alasannya!

Member Login

or