1
1

Peringkat Medco Power Indonesia Ditegaskan idA dengan Prospek Stabil

Medco Power Indonesia merupakan independent power producer (IPP) yang fokus terhadap pembangkit listrik. | Foto: medcopower.co.id

Media Asuransi, JAKARTA – PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat idA terhadap PT Medco Power Indonesia (MEDP) dan Obligasi I Tahun 2018, serta peringkat idA(sy) terhadap peringkat Sukuk Wakalah I Tahun 2018, Sukuk Wakalah II Tahun 2019, dan Sukuk Wakalah Berkelanjutan I Tahun 2022 yang diterbitkan MEDP.

Outlook untuk peringkat perusahaan adalah stabil. “Peringkat tersebut mencerminkan pandangan kami terhadap pentingnya MEDP secara strategis bagi pemegang saham pengendali, PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC, idAA-/Stabil), aliran pendapatan dan marjin laba yang stabil, dan potensi terhadap permintaan listrik domestik,” tulis Pefindo dalam keterangan resmi dikutip, Kamis, 16 Mei 2024.

Namun, jelas Pefindo, peringkat dibatasi oleh risiko terkait dengan proyek pembangkit listrik, struktur permodalan yang agresif, dan proteksi arus kas yang lemah. Kami dapat mempertimbangkan kenaikan peringkat apabila MEDP dapat memperbaiki struktur permodalan dan proteksi arus kas secara signifikan, yang dapat dilakukan melalui peningkatan efisiensi operasional, penambahan sumber pendapatan, atau usaha deleveraging secara signifikan.

|Baca juga: Mau Jatuh Tempo, Sukuk Wakalah Medco Power Ditegaskan idA(sy)

Di sisi lain, peringkat dapat diturunkan apabila MEDP menambah utang melebihi proyeksi atau kembali mendivestasikan kepemilikan sahamnya pada aset strategis yang dapat mengurangi kemampuan Perusahaan dalam menghasilkan arus kas yang dapat menyebabkan melemahnya profil bisnis dan keuangan.

Peringkat juga dapat berada di bawah tekanan apabila kami melihat bahwa MEDP tidak lagi dianggap sebagai anak perusahaan yang secara strategis penting bagi MEDC sebagaimana tercermin dari divestasi kepemilikan yang material.

MEDP merupakan independent power producer (IPP) yang fokus terhadap pembangkit listrik dengan sumber energi bersih, terutama gas, panas bumi, dan energi terbarukan, untuk menyediakan tenaga listrik bagi PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PPLN, idAAA/Stabil), terutama di Indonesia bagian barat.

MEDP juga menyediakan jasa operation and maintenance (O&M), dimana mayoritas melalui TJB Power Services. Per 31 Desember 2023, pemegang saham Perusahaan adalah PT Medco Power Internasional (51,0%) dan PT Medco Energi Internasional Tbk (49,0%)

Editor: Achmad Aris

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Market Brief: Wall Street Menguat Usai Data Inflasi AS Rilis
Next Post IHSG Diprediksi Menguat, Ajaib Rekomendasikan Saham MEDC, BBRI, ACES

Member Login

or