Reliance Sekuritas: IHSG Berpotensi Lanjutkan Pelemahan

Media Asuransi –  Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diperkirakan berpotensi melanjutkan pelemahan setelah terkoreksi dalam sebesar -1,55% pada perdagangan kemarin.

Head of Research Equity Technical Analyst PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk Lanjar Nafi mengatakan, secara teknikal IHSG melanjutkan pelemahan setelah break out support MA5 diperdagangan sebelumnya seakan memberikan tekanan tren bearish jangka menengah. 

Dia menjelaskan, indikator stochastic terkonsolidasi pada area momentum yang cukup rendah dengan MACD yang bergerak undevalue. “Sehingga secara teknikal IHSG berpotensi melanjutkan pelemahan dengan support resistance 6.000-6.160,” katanya melalui riset harian yang dikutip Media Asuransi, Rabu (31/03/2021). 

Baca juga: MNC Sekuritas: 4 Saham Menu Trading 31 Maret 2021

Menurutnya, saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal di antaranya; ACES, BBCA, GGRM, HMSP, MNCN, TPIA, dan WIKA.

Kemarin, IHSG (-1,55%) ditutup turun signifikan sebesar 95,37 poin ke level 6.071,44 dengan hampir saham-saham di seluruh sektor terkoreksi. Sektor Properti (-2,55%) dan Pertanian (-2,38%) turun lebih dari dua persen. “Penurunan CPO di bursa Malaysia yang cukup signifikan menjadi trigger negatif saham-saham CPO sepanjang perdagangan kemarin.” 

Selain itu potensi penguarangan dan rebalancing portofolio oleh institusi yang menjadi salah satu faktor utama. Menurutnya, BPJS Ketenaga kerja melakukan rebalancing portofolio dengan memangkas aset pada investasi saham dan reksa dana untuk menekan risiko penurunan harga di pasar yang menjadi unrealized loss.

Baca juga: Siap Lunasi Obligasi Jatuh Tempo, Peringkat Bank Maybank Ditegaskan idAA

Sementara itu, Indeks Hang Seng (+0,84%) dan CSI300 (+0,95%) naik di Hong Kong dan Tiongkok sedangkan Indeks saham Jepang bervariasi. Indeks Nikkei (+0,16%) naik tipis dan TOPIX (-0,78%) turun. Setelah investor mengkhawatirkan adanya aksi jual lanjutan di akhir bulan Maret.

Adapun, Bursa Eropa membuka perdagangan dengan menguat. Indeks Eurostoxx (+0,46%), FTSE (+0,40%), DAX (+0,56%) dan CAC40 (+0,49%) naik ke zona positif. 

Dia menjelaskan investor mulai merespons positif rencana pengeluaran besar Presiden AS Joe Biden untuk menyukseskan vaksinasi. Saham-saham perbankan dan pertambangan memimpin penguatan di saat investor mempertimbangkan prospek pemulihan global yang lebih kuat dari perkiraan. 

“Selanjutnya investor akan menanti pengumuman program stimulus pada infrastruktur di AS dan dari dalam negeri Investor akan memantau aksi institusi dalam melakukan penyesuaian bobot investasi seperti yang akan di lakukan BPJS ketenaga kerjaan.” Aca