1
1

Aon: Ketangguhan Jadi Kunci Penting Hadapi Risiko Ekonomi hingga Bencana Alam

Ilustrasi. | Foto: aon.com

Media Asuransi, JAKARTA – Laporan Insight Pasar Asuransi Global di kuartal keempat dari Aon menyoroti ketangguhan sebagai tema utama bagi industri ini di tengah risiko ekonomi, politik, dan bencana alam. Dijelaskan perusahaan asuransi telah mengambil langkah-langkah protektif tahun lalu.

Langkah-langkah itu seperti penyesuaian dalam underwriting dan perubahan fokus selera untuk menghadapi tekanan inflasi. Tren ini dengan jelas terjadi pada kuartal keempat, dengan perusahaan asuransi menunjukkan minat yang baik dan opsi cakupan yang tersedia menghasilkan kinerja solid.

|Baca: IHSG Diprediksi Menguat Terbatas, Ajaib Sarankan SMRA, JSMR, AMRT

Meskipun demikian, laporan tersebut menyebutkan peningkatan pengawasan underwriting di sektor-sektor yang bukan target pertumbuhan asuransi telah meninggalkan pemegang polis dengan harga yang lebih tinggi dan opsi yang lebih terbatas. Aon juga memberi peringatan satu bencana besar dapat membawa kembali kondisi pasar yang sangat sulit.

“Sebagian besar peningkatan modal di pasar disebabkan oleh hasil yang menguntungkan daripada masuknya modal baru. Ini menunjukkan adanya kerentanan dalam moderasi pasar ini,” ujar Aon, dikutip dari laman Insurance News, Selasa, 13 Februari 2024.

Aon juga menyoroti kondisi sulit di Australia, di mana tahun lalu terjadi kenaikan harga yang moderat akibat peningkatan kerugian. “Ketidakcukupan asuransi tetap menjadi prioritas utama karena inflasi terus berlanjut, pemulihan rantai pasokan lambat, dan kenaikan biaya tenaga kerja. Klien disarankan tetap waspada terhadap nilai properti dan gangguan bisnis,” ucapnya.

Asuransi di Asia-Pasifik mengalami keberhasilan yang bervariasi dalam mentransfer biaya dan retensi yang lebih tinggi yang diminta oleh perusahaan reasuransi selama tahun tersebut. Aon menyatakan siklus reasuransi yang lebih teratur tahun ini akan memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi perusahaan asuransi.

Catat inflasi inti

Laporan ini juga mencatat inflasi inti yang terus berlanjut, ancaman siber yang berkembang, permintaan meningkat untuk perlindungan parametrik, dan peristiwa ekonomi, geopolitik, serta kemanusiaan yang terus berkembang adalah keprihatinan bagi perusahaan asuransi tahun ini.

CEO Risiko Komersial Aon Joe Peiser mengatakan ketangguhan akan terus membentuk perilaku perusahaan asuransi tahun ini setelah membantu menghadapi tantangan di 2023. “Pada 2024, ketangguhan akan menjadi penyokong fundamental dari strategi bisnis. Investasi dalam ketangguhan, termasuk strategi risiko yang kuat, tidak pernah begitu penting,” pungkasnya.

Editor: Angga Bratadharma

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Premi GSIS Filipina Tembus Rekor di 2023
Next Post Satgas Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG Aman saat Pemilu 2024

Member Login

or