1
1

Sejarah Baru, PertaLife Insurance Raih Premi Rp1,25 Triliun di 2024

Industri Asuransi Jiwa nasional. | Foto: Media Asuransi/Arief Wahyudi

Media Asuransi, JAKARTA – PT Perta Life Insurance (PertaLife Insurance) berhasil membukukan premi bruto sebesar Rp1,252 triliun di tahun 2024, melampaui target Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) sebesar Rp1,087 triliun atau tumbuh 15,16 persen secara tahunan.  Ini merupakan sejarah baru dalam perjalanan transformasinya perusahaan dengan mencatatkan kinerja keuangan terbaik sepanjang eksistensinya di tahun buku 2024. Hal ini disampaikan oleh manajemen PertaLife Insurance dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar Rabu, 16 April 2025.

“Kinerja ini juga mencerminkan kenaikan premi sebesar 38,73% dibandingkan tahun 2023, didorong oleh strategi ekspansi produk dan penetrasi pasar yang efektif optimal, khususnya melalui produk anuitas, endowment combined, dan whole life,” kata Direktur Utama PertaLife Insurance, Hanindio W. Hadi, dalam keterangan resminya, Kamis, 17 April 2025.

|Baca juga: PertaLife Insurance Bukukan Premi Bruto Tertinggi Sepanjang Sejarah di 2024, Tembus Rp1,2 Triliun!

Tak hanya mencetak rekor pendapatan premi, PertaLife juga membukukan laba bersih sebesar Rp97,18 miliar atau naik 1,09 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Rasio Risk-Based Capital (RBC)  359,66 persen, jauh di atas ketentuan minimum OJK sebesar 120 persen, menandakan kekuatan solvabilitas perusahaan dalam jangka panjang.

Efisiensi operasional pun menjadi sorotan, dengan rasio biaya operasional terhadap pendapatan premi (BOPO) mencapai titik terendah sepanjang sejarah perusahaan, yaitu 12,19 persen. Ini merupakan penurunan signifikan dari rata-rata historis sebelum transformasi yang berada di atas 22 persen.

“Transformasi PertaLife bukan sekadar perubahan struktural, melainkan lompatan kinerja yang nyata. Capaian di 2024 adalah buah dari sinergi internal PertaLife dan ekosistem Pertamina Group, penajaman strategi bisnis, dan komitmen pada efisiensi,” jelas Hanindio.

|Baca juga: PertaLife Insurance Raup Laba Bersih Rp96,14 Miliar

Dari sisi distribusi, kontribusi kanal non-captive meningkat signifikan 223,77 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Ini menunjukkan keberhasilan perusahaan dalam mengembangkan produk yang relevan di luar captive melalui kolaborasi dengan institusi strategis di luar Pertamina Group.

“Kami tidak hanya fokus pada pencapaian jangka pendek, namun bisnis yang berorientasi jangka panjang dan berkelanjutan ditunjang oleh penerapan manajemen risiko, tata kelola, dan peningkatan kapabilitas SDM yang kompeten,” tambah Direktur Keuangan dan Investasi PertaLife, Sigit Panilih.

Sementara itu, dari sisi pengembangan bisnis, Direktur Pemasaran PertaLife, Martino Faishal Saudi, menambahkan bahwa perusahaan akan terus meluncurkan produk-produk yang customer centric sesuai kebutuhan pasar melalui digital platform sebagai bagian dari roadmap strategi PertaLife.

PertaLife Insurance optimistis memasuki tahun 2025 yang semakin menantang, perseroan dapat menghadapi hal tersebut dengan aspek permodalan yang kuat, struktur keuangan yang sehat, profesionalisme, integritas, serta komitmen kuat untuk menjadi mitra pelindungan jiwa, kesehatan dan pengelolaan dana pensiun yang reliable bagi masyarakat Indonesia.

Editor: S. Edi Santosa

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Dirut Bank DKI Pastikan Kembali Dana Nasabah Aman dan Tak Ada Penutupan Rekening
Next Post ESSA Industries Bagi-Bagi Dividen Tunai Rp172,26 Miliar
mediaasuransi_pd_728x90_std_hsbc mediaasuransi_pd_300x600_std_hsbc mediaasuransi_pd_300x250_std_hsbc mediaasuransi_pd_320x100_std_hsbc mediaasuransi_pd_320x50_std_hsbc mediaasuransi_pd_320x480_std_hsbc

Member Login

or