Media Asuransi, JAKARTA – PT KAI melalui LRT Jabodebek terus mencatatkan pertumbuhan positif pada kuartal III 2024 (Juli-September). Selama periode ini, KAI berhasil melayani 5.968.184 pengguna LRT Jabodebek, mengalami peningkatan sebesar 23 persen dibandingkan kuartal II/2024 yang tercatat 4.844.096 pengguna. Selain itu mengalami lonjakan signifikan sebesar 55 persen dibandingkan kuartal I/2024 yang melayani 2.126.632 pengguna.
Peningkatan jumlah pengguna LRT Jabodebek juga tecermin pada rata-rata pengguna harian. Pada hari kerja kuartal III/2024, KAI mencatat 77.251 pengguna LRT Jabodebek per hari, naik 12,1 persen dibandingkan dengan rata-rata 68.935 pengguna per hari di kuartal II/2024. Dibandingkan kuartal I/2024, peningkatannya mencapai 47 persen dari rata-rata 52.379 pengguna per hari.
|Baca juga: Jumlah Pengguna LRT Jabodebek Naik Usai Penambahan Perjalanan
Sedangkan untuk akhir pekan, KAI melayani rata-rata 33.350 pengguna LRT Jabodebek pada kuartal III/2024, naik 9,4 persen dibandingkan kuartal II/2024 dengan 32.315 pengguna, dan naik 43 persen dibandingkan kuartal I/2024 yang mencatat 24.771 pengguna per akhir pekan.
Selain pencapaian di kuartal III/2024, kinerja positif juga terlihat pada September 2024. Selama bulan ini, KAI melayani 1.953.095 pengguna LRT Jabodebek, dengan rata-rata pengguna harian pada hari kerja mencapai 80.015 pengguna, naik lima persen% dibandingkan Agustus yang mencatat 76.044 pengguna per hari. Sementara itu, rata-rata pengguna akhir pekan di bulan September mencapai 35.279 pengguna, naik satu persen dibandingkan Agustus yang mencatat 34.982 pengguna.
Selain itu, dari sisi operasional, KAI terus mengoptimalkan layanan dengan peningkatan jumlah perjalanan. Pada kuartal III/2024, LRT Jabodebek mengoperasikan 22.540 perjalanan pada weekday, naik 32 persen dari 17.024 perjalanan di weekday pada kuartal II/2024, dan naik 40 persen dari 16.128 perjalanan di weekday pada kuartal I/2024. Ketepatan waktu operasional juga menunjukkan perbaikan signifikan, mencapai 98 persen di kuartal III/2024, meningkat dari 97,7 persen di kuartal II/2024 dan 94,2 persen di kuartal I/2024.
|Baca juga: ADCP Bersama PT ITJ Kelola Komersialisasi Aset Kawasan LRT CITY
Dari sisi operasional pada September, KAI mengoperasikan rata-rata 355 perjalanan LRT Jabodebek per hari saat weekday dan 260 saat weekend, dengan ketepatan waktu yang mencapai 98,31 persen.
Manager Public Relations LRT Jabodebek, Mahendro Trang Bawono, menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pengguna atas dukungan dan kepercayaan yang terus diberikan. “Kami sangat mengapresiasi kepercayaan masyarakat terhadap layanan LRT Jabodebek. Pencapaian ini menjadi dorongan bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan kenyamanan perjalanan bagi para pengguna,” ujar Mahendro dalam keterangan resminya, Rabu, 2 Oktober 2024.
Dengan kinerja yang terus meningkat ini, KAI berkomitmen untuk terus mengoptimalkan pelayanan dan inovasi demi menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan nyaman bagi seluruh masyarakat.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News