Nasional Re menyelenggarakan acara Tausiyah Virtual Ramadan 1443 H/2022 pada Jumat, 8 April 2022, yang dihadiri pimpinan mitra bisnis secara online melalui platform zoom dan YouTube yang disiarkan secara langsung.
Selain mitra bisnis, Direksi PT Asuransi Kredit Indonesia selaku Pemegang Saham Mayoritas PT Reasuransi Nasional Indonesia dan perusahaan asuransi lain yang merupakan anggota holding dari PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) atau Indonesia Financial Group (IFG) mengikuti tausiyah secara online ini.
Acara Tausiyah Virtual ini mengangkat tema “Memperkuat AKHLAK dan Memelihara Silaturahim Di Tengah Pandemi” yang mengandung makna bahwa Nasional Re terus berusaha mengangkat dan menjunjung tinggi core values AKHLAK, yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif, karena juga merupakan bagian dari BUMN, sedangkan di sisi lain Nasional Re ingin terus menjaga silaturahim dengan seluruh stakeholders masih di tengah pandemi yang masih berlangsung saat ini, dan kemungkinan akan menjadi endemi.
Keseluruhan acara pada tahun ini dikemas secara berbeda, yakni sebelum acara tausiyah diadakan talk show dengan topik “Zakat Perusahaan Dalam Sistem Fiskal Nasional” dengan nara sumber Rizaludin Kurniawan, Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bidang Pengumpulan. Tujuan dari talk show ini adalah memberikan wawasan kepada para pimpinan perusahaan mengenai manfaat zakat perusahaan, karena selain membantu mendukung program pemerintah juga dapat menjadi faktor pengurang pajak perusahaan.
Sementara itu, Tausiyah dibawakan oleh Bp. Ir. AdiwarmanAzwar Karim, SE., MBA., MAEP, yaitu Komisaris Utama PT Bank Syariah Indonesia, yang sudah dikenal kiprahnya sebagai tokoh dalam perkembangan ekonomi syariah di Indonesia.
Mengawali acara, Direktur Utama Nasional Re menyampaikan sambutan sekaligus menunjukkan beberapa capaian yang sudah diraih oleh Perusahaan di tengah-tengah kondisi yang sulit ini.
Kinerja Nasional Re pada tahun 2021(unaudited) menunjukkan perbaikan apabila dibandingkan dengan kinerja pada tahun 2020, diantaranya meliputi:
– Premi Bruto tumbuh sebesar15,6% dari tahun 2020
– Laba usaha tumbuh positif dibandingkan tahun 2020
Upaya perbaikan-perbaikan juga sudah mulai dijalankan dimana salah satunya adalah menyiapkan program transformasi organisasi yang didorong denganpenguatan kompetensi SDM dan implementasi teknologi dalam proses bisnis. Untuk itu,beberapa hal teknis yang saat ini sedang disiapkan adalah:
– Menyempurnakan struktur organisasi yang mencerminkan sasaran Nasional Re untuk menjadi pemain global industri reasuransi
– Meningkatkan kompetensi SDM dengan menekankan kepada sertifikasi profesi SDM dalam bidang perasuransian
Tahun 2021 lalu, juga terdapat beberapa capaian Perusahaan yang telah menunjukkan eksistensi kearah profesionalisme, seperti:
– Sertifikasi ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan
– Risk Maturity Level Assesment dengan skor 3,35 (managed)
– GCG assessment dengan score 89,96 dari 96,5 dengan predikat SangatBaik
Capaian-capaian tersebut di atas mendukung kondisi Nasional Re dalam posisi yang terbaik, yang tentunya juga didukung penuh oleh Pemegang Saham yang kuat dan holding IFG yang sangat memberikan perhatian penuh kepada pertumbuhan, perkembangan dan kontinuitas industri perasuransian.
Pada kesempatan itu pula, Nasional Re menyampaikan Zakat Perusahaan kepada Baznas sebesar Rp. 943.233.448 (Sembilan ratus empat puluh tiga juta dua ratus tiga puluh tiga ribu empat ratu sempat puluh delapan rupiah) dan memberikan santuan kepada Yayasan Al Masruriyah yang menaungi anak-anak yatim/piatu.
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News