1
1

4 Cara Mengatur Keuangan, Simak di Sini!

Media Asuransi, JAKARTA – Manajemen keuangan tiap orang berbeda, cara mereka mengelola keuangan tentunya berbeda-beda. Yang Anda butuhkan dalam pengelolaan keuangan tentunya strategi.

Untuk membuat strategi pengelolaan keuangan ini, tentunya Anda perlu menyusun skala prioritas terlebih dahulu. Mungkin sering muncul pertanyaan, mana yang harus diprioritaskan dalam perencanaan keuangan, apakah asuransi atau dana darurat?

Keduanya sama pentingnya, namun tentu ada yang harus diamankan terlebih dahulu berdasarkan skala prioritas.

Anda dapat berpegangan pada piramida perencanaan keuangan untuk menentukan skala prioritas. Piramida keuangan terdiri dari tiga bagian: keamanan uang, kenyamanan uang, dan distribusi kekayaan.

|Baca juga: Kebiasaan Keuangan yang Harus Anda Terapkan Sejak Sekarang

Keamanan keuangan merupakan aspek yang harus diutamakan, keamanan uang artinya Anda dapat memastikan perencanaan keuangan baik jangka panjang maupun jangka pendek.

Dilansir dari website Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), berikut empat langkah dalam manajemen keuangan yang dapat dilakukan:

Pertama, perencanaan arus kas. Tahap yang paling mendasar adalah dengan mengelola neraca keuangan harian. Anda dapat mencatat aset dan kewajiban serta kebutuhan enam bulan sekali. Untuk memiliki rasio keuangan yang sehat dengan mengamankan dana darurat minimal tiga sampai enak kali pengeluaran.

Kedua, perencanaan manajemen risiko. Jika Anda sudah melalui arus kas yang baik, maka dapat ke langkah selanjutnya yaitu manajemen risiko. Risiko finansial dapat berupa kehilangan pekerjaan, ditinggal menikah oleh tulang punggung keluarga, diri sendiri atau anggota keluarga mengalami kritis. Memiliki dana darurat dan perencanaan arus kas yang baik, belum dapat menjamin keamanan keuangan finansial Anda, oleh karena itu idealnya memiliki asuransi dapat menjadi opsi yang sangat membantu.

|Baca juga: Tips Aman Menggunakan Layanan Keuangan Digital Versi OJK

Ketiga, perencanaan investasi. Investasi merupakan suatu wujud kecerdasan finansial yang perlu dikuasai saat ini. Dengan mempunyai keahlian manajemen investasi, Anda dapat bisa mengembangkan dana agar mencapai tujuan-tujuan keuangan lebih singkat.

Keempat, perencanaan dana pensiun. Persiapan dana hari tua juga perlu. Dana pensiun ini merupakan kolaborasi pengelolaan uang yang tepat dan manajemen risiko dengan berasuransi yang sesuai dengan perencanaan investasi yang matang. Hal ini merupakan cara yang bijak karena menyadari bahwa tidak selamanya tubuh mampu bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Dari 4 cara di atas, Anda dapat memulainya dengan perlahan, mencoba dengan diawali langkah pertama hingga akhir. Dahulukan keamanan finansial dengan memiliki perlindungan terhadap aset dan rencana keuangan. Memiliki asuransi jiwa menjadi pilihan bijak bagi Anda untuk mencapai segala tujuan lebih baik di masa yang akan datang.

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post 3 Asuransi Hewan yang Jarang Diketahui
Next Post Jelang Libur NATARU 2022 PT KAI Sudah Menjual Lebih dari 53 Ribu Tiket

Member Login

or