Semen Baturaja (SMBR) Jalin Kerja Sama dengan Huadian Bukit Asam Power(HBAP)

Media Asuransi – PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) menjalin kerja sama dengan Huadian Hongkong Co Ltd melalui perusahaan afiliasinya, PT Huadian Bukit Asam Power (HBAP). Dalam kerja sama tersebut Semen Baturaja akan memanfaatkan empat komoditas hasil pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Mulut Tambang Sumsel-8. Antara lain limestone, gypsum, fly ash, dan bottom ash.

Direktur Pemasaran Semen Baturaja, Mukhamad Saifudin, mengatakan penandatanganan naskah kerja sama tersebut memiliki durasi 3 tahun yang akan dimulai sejak 2 Maret 2021 hingga 1 Maret 2023. Dalam kesepakatan ini, perseroan akan memanfaatkan empat komoditas hasil dari pengembangan PT Huadian Bukit Asam Power (HBAP) berupa limestone, gypsum, fly ash, dan bottom ash. Sementara, Semen Baturaja akan menyediakan limestone (batu kapur) kepada HBAP untuk kebutuhan proses Flue Gas Desulfurization (FGD) yang menjadi kebutuhan PT Huadian Bukit Asam Power (HBAP).

“Kerja sama ini merupakan bentuk sinergi dari kedua perusahaan untuk meningkatkan daya saing yang sangat diperlukan dalam menghadapi lingkungan industri yang semakin kompetitif, dengan memanfaatkan peluang penciptaan revenue stream baru maupun cost transformation,” kata Saifudin dalam siaran tertulis yang diterima Media Asuransi di Jakarta, Jumat, 19 Maret 2021.

Baca Juga:

Menurut Saifudin, perseroan membutuhkan empat komoditas tersebut untuk produksi semen. Limestone, gypsum, fly ash, dan bottom ash merupakan bahan baku produksi yang diolah bersama produksi semen Baturaja untuk peningkatan kualitas dan ketahanan. Semen Baturaja juga siap menyuplai kebutuhan limestone untuk HBAP. Kesiapan ini ditopang oleh kemampuan Semen Baturaja untuk menghasilkan limestone dengan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan proses operasi HBAP.

“Kerja sama ini menguntungkan bagi kedua belah pihak terutama dalam memaksimalkan potensi yang dimiliki masing-masing perusahaan,” pungkas Saifudin. One